Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 03 Desember 2011

Alat-alat Koneksi Internet

Modem ADSL
 
Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara.

Meskipun modem ADSL bekerja dalam modus bridge dan tidak membutuhkan IP address publik, modem ADSL tetap disertai IP address untuk fungsi managemen seperti alamat IP 192.168.1.1.






Modem Stick / USB

Modem stick / usb adalah alat yang dapat membantu menghubungkan komputer untuk akses di internet. Bentuknya hampir sama dengan flashdisk yang membedakannya adalah bisa dimasukan simcard operator untuk menja
lankannya. Modem usb yang saya tahu ada dua macam yaitu:
1 . Modem usb dengan cara suntik nomor.

2 . Modem usb yang dapat di masukan simcard ( GSM dan CDMA ).

Dan cara kerja serta pemakaiannya sangat simpel hanya dengan menghubungkan saja di port usb komputer maka kita sudah dapat bermain di internet dan melakukan bisnis di dunia maya.


LAN Card

Lan Card adalah sebuah card/kartu yang berfungsi sebagai penghubung dari komputer ke sebuah jaringan komputer Jenis .



Rj 45

Adalah kepala dari kabel UTP



Rj 11











Adalah Kepala Dari kabel STP



Spliter



 Splitter merupakan alat penghubung ADSL dengan line telepon. Splitter ini berguna untuk menghilangkan gangguan ketika Anda menggunakan modem ADSL. Sehingga nantinya Anda tetap dapat menggunakan Internet dan menjawab telepon secara bersamaan. Ini merupakan salah satu keuntungan mengapa Anda menggunakan teknologi ADSL.



Kabel UTP:Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair
(STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik

Kabel STP:
Kabel “Shielded twisted pair” adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (”twisted pair”). Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.






Saluran telepon: saluran telepon di gunakan untuk sambungan ketika melakukan akses/dial up untuk koneksi internet







Bridge: digunakan untuk menghubungkan dua LAN (ethernet-ethernet, tipologi cincin dengan cincin, bus dengan bus dan star dengan star.





Repeater: merupakan alat yang di gunakan untuk menambah jarak maksimum tiap LAN. Repeater akan mengambil semua isyarat yang sampai kepadanya, pada semua LAN yang seterusnya.








Hub/Switch: merupakan peralatan yang menyediakan ”central connection point” untuk penyambunagn kabel dari stasiun kerja (work station), komputer (servers), dengan komputer lainnya yang terhubung dengan server.











WiFi Access Point
Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antenna untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari client remote.
Gambar 3.5 WiFi AP Indoor.
Access Point dapat dioperasikan dalam berbagai modus operasi:
-          Sebagai Access Point,
-          Repeater,
-          Bridge, dan
-          Wireless client.
            Wireless Access Point biasanya dikapai untuk mode jaringan Infrastruktur, Fungsi utama dari Wireless Access Point adalah untuk mengembangkan jaringan local kabel anda secara wireless. Berdasarkan penggunaannya ada dua jenis Wireless Access Point, yaitu untuk pemakaian Indoor dan Outdoor. Dengan Access Points (AP) client wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.


WiFi USB
Berbagai produk termasuk WiFi USB adapter, Wireless Adapters USB 2.0 yang menghubungkan laptop/komputer ke jaringan. Contoh: nirkabel untuk menggunakan dan sangat berguna ketika datang ke komputasi mobile.
WiFi USB adapter  memungkinkan untuk menghubungkan laptop atau komputer ke jaringan nirkabel dan WiFi adapter yang rata-rata berantena eksternal ini memang cukup nyaman digunakan dimana saja. Seperti perangkat lain yang berbasis USB adapter yang berkerja secara eksternal ini mempunyai mobilitas dan kompatibilitas yang sangat tinggi karena sangat mudah dipindah tempat dari satu PC ke PC lain, asal perangkat tersebut memiliki antarmuka USB.
Gambar 3.6 WiFi USB.
Untuk membuat sinyal dari USB menjadi jauh, maka dapat digunakan pemasangan reflektor dari antena parabola dimuka perangkat USB WiFi tersebut. Dalam pengimplementasiannya, penggunaan perangkat USB WiFi akan dapat lebih menekan biaya pemasangan daripada menggunakan WiFi PCI atau PCMCIA

.
WiFi PCI
            PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah busyang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. WiFi PCI adalah salah satu jenis perangkat WLAN yang menggunakan standard 802.11 dan menggunakan slot PCI.

Gambar 3.7 WiFi PCI 802.11g.
 WiFi PCMCIA
PC Card merupakan pemendekan kata dari induk asosiasinya yaitu Personal Computer Memory Card International Association (PCMCIA) atau Asosiasi Internasional Kartu Memori PC yang dimaksud untuk memudahkan dibaca serta diingat. PC Card merupakan salah satu bentuk di antara kartu memori pertama yang dibuat pada tahun 1990-an dan setelah berkembang jenis dan modelnya. PC Card dipakai khusus sebagai perangkat koneksi pada notebook, misalnya sebagai modem  untuk melakukan koneksi internet melalui frekuensi GSM atau CDMA, wireless card, dan lainnya.
 
Gambar 3.8 WiFi PCMCIA CARD.
PC Card awalnya dirancang sebagai media penyimpan pada Komputer (computer storage), akan tetapi keberadaannya kini media penyimpan itu mempunyai jenis yang bermacam-macam. Tipikal alatnya seperti network card, modem , dan hard disk. Jenis kartu ini juga digunakan untuk kamera digital SLR, seperti kodak seri dc 300. Fungsi awal kartu ini, yaitu sebagai media penyimpan, sudah jarang digunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar